• Kebaikan Bagaikan Tinta

    Banyak orang mungkin berkata "Lakukanlah kebaikan walaupun itu kecil, walaupun menurut orang itu tidak berharga", kalimat-kalimat tersebut terus mengiang dipemikiranku..
    Ketika ku mulai terus berpikir, memang melakukan kebaikan itu ada batas ukurannya ya?, apakah setiap melakukan kebaikan itu tidak berharga?, wah makin penasaran saja saya dengan kata-kata itu. :)



    Setelah saya bertanya balik kediri saya, saya pun mulai berpikir dan menjawab atas pertanyaan yang saya ajukan sendiri tersebut. Kalau saya pikir yang nama nya kebaikan itu tidak ada takarannya, kebaikan iyalah kebaikan. Besar kecilnya kebaikan bukan lah sesuatu hal yang bisa kita timbang atau kita ukur kadarnya. Yang hanya bisa mengukur itu semua ya hanya Allah. Pandangan manusia itu tidak akan sama dengan Sang Maha Pencipta. Banyak kebaikan yang kita pandang itu besar, tapi sesungguhya belum tentu itu besar dihadapan Allah, dan justru malah sebaliknya, kebaikan yang kita anggap kecil malah sebenarnya itulah yang besar dihadapan Allah. Jadi yah sebenarnya dalam melakukan kebaikan jangan pernah beranggapan itu besar/kecil, tapi beranggapan lah kebaikan itu seperti tinta yang menetes di air yang jernih, yang mana ketika melakukan kebaikan kita bisa menyebarkan manfaat dan menjadi motivasi buat orang lain untuk melakukan sebuah kebaikan juga..

    Terus, apakah setiap melakukan kebaikan itu tidak berharga?. Ini pertanyaan yang membuatku tergelitik lucu tersipu malu. hehe..
    Bagiku apapun itu kebaikan yang dilakukan, mau entah itu orang beranggapan tidak berharga justru malah sesungguhnya itulah kebaikan yang berharga. Mau bukti, ketika orang beranggapan kebaikan yang kita lakukan tidak berharga , sesungguhya mereka itu sudah memperhatikan kebaikan yang kita lakukan sehingga mereka berani untuk mengatakan itu kebaikan yang tidak berharga.
    Bagiku nonsense orang-orang yang berkata kebaikan itu tidak berharga. Kebaikan itu justru memiliki harga tinggi dan nilai yang eksklusif di hadapan Sang Pencipta.

    Ketika kebaikan itu telah kita lakukan maka kita telah mengeluarkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Kalau kata Pak Mario Teguh:

     " Kesederhanaan yang paling bernilai adalah kebaikan.
    Bukan kepandaian yang akan memberhasilkan kita, tetapi kebaikan.
    Maka marilah kita sepenuhnya tulus untuk menjadikan diri kita peneladan dari perilaku yang baik, agar kita diberikan ijin untuk menganjurkan kebaikan, dan yang akhirnya akan menjadikan kita berwenang untuk mengharuskan kesetiaan kepada kebaikan.
    Bukan kepandaian yang akan memberhasilkan kita, tetapi kebaikan.
    Maka marilah kita tetap bersaudara dan bersahabat dalam kebaikan."

    Lakukanlah terus kebaikan, tebarlah terus kebaikan, luruskan niat dalam melakukan kebaikan dan ikhlaslah dalam melakukan kebaikan..:)

3 komentar:

  1. Arayniri Juwono mengatakan...

    like this :)

  2. Muhammad Insan Kamil mengatakan...

    #keren. :)

  3. Niko Setiawan mengatakan...

    makasih :)

Poskan Komentar