• Wawasan Nusantara Oh Indahnya...:)

    wawasan nusantara?
    ada yang tau?


    Kita mungkin akan serempak menjawab "ya" sya tau itu, aku tau itu.
    Tapi apakah itu semua prnah kita pahami atau kita resapi.
    Tentu sebagian besar dari kita termasuk saya blum begitu memahami atau istilahnya kata wawasan nusantara tersebut belum menancap didalam dada ini.
    Ya jangan heran ketika perbatasan kita dipersengketakan baru ribut, ketika salah satu kebudayaan kita diperebutkan kita berkicau hebat.
    Itu semua sadar/tanpa kita sadari telah terjadi d bangsa ini.

    Kalau kita mau introspeksi atau menelisik kebelakang , kenapa seh kok bisa begitu, kenapa ya kok bangsa ini terutama kita ketika ada sengketa dengan tetangga baru berkicau hebat dan saling menyalahkan?
    Pemerintah seh yang salah, kamu seh yang salah, sistemnya seh yang salah. Kalau sudah seperti ini tetangga sebelahpun akan tersenyum melihat kita.

    Iya seh sebenarnya ironi melihat ini, sebetulnya tidak usahlah saling menyalahkan, karena apa? ya karena sebelum menyalahkan apapun itu mari kita menyalahkan diri pribadi kita dulu. Sudah seberapa tahu kita tentang negara ini, sudah seberapa tahu tentang kebudayaan kita ini, sudah seberapa tahu tentang letak geografis astronomis bangsa ini.
    Dan kita pun akan menjawab "lupa", ataupun ada yang menjawab "kalau ga salah waktu sd pernah dipelajari tapi lupa, apa ya".
    Boro-boro masalah perbatasan, lagu daerah masing-masing kita mungkin pun ga tau. Bagaimana kebudayaan kita itu ga diperebutkan kalau kita sendiri tidak mencintai kebudayaan daearah kita tersebut. Ya percuma juga mencintai kalau mengetahui/mengenal saja tidak.

    Nah ini lah yang membuat rasa mencintai, nasionalisme terhadap bangsa kita ini mulai memudar. Wawasan nusantara kita tentang Indonesia ini mungkin telah kita lupakan seakan-akan kita lama tertidur pulas(*nyenyak sambil mimpi jungkir balik).
    So, buat kita marilah kita cintai, sayangi kebudayaan Indonesia mulai dari kebudayaan daerah kita dulu deh, kita pelajari seluk beluk bangsa dan geografis astronomis bangsa kita ini. Ne ada referensi tentang ltak geografis Indonesia http://www.edu2000.org/portal/index.php?option=com_content&task=view&id=298&Itemid=42

    Dan buat bapak-bapak, om-om di atas coba lah buat suatu terobosan untuk kita agar senantiasa mengetahui wawasan tentang nusantara Indonesia ini ya misalkan ditambahlah tayangan tentang keanekaragaman kebudayaan Indonesia, tayangan yang bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta terhadap tanah air Indonesia, jangan dibanyakin film-film sinetron atau gosipnya, sudah bosan.Kurang banyak manfaatnya (ga baik ditonton sama anak2).:). Sama yang terpenting kalau ga mau dicolong lagi kebudayaan kita , coba lah buat pihak yang terkait mendata semua kebudayaan Indonesia mau itu lagu daerah, alat msuik daerah, masakan daerah ataupun lainnya. Kemudian simpan dalam suatu database arsip bangsa ini dan ajukan ke UNICEF(PBB) untuk segera dipatenkan.
    Jangan menunda-nunda atau menunggu sampai kebudayaan kita hilang satu persatu.
    Semangat ya buat kita semua. 





    Semoga ini bisa menjadi masukan dan solusi buat kita, Karena aku yakin kita semua bangga dan cinta dengan Bangsa Indonesia yang besar ini, besar pemikirannya, besar akan kebaikan tingkah lakunya, besar akan seluruh yang terkandung didalamnya.

    ~Dengan tulisan ku goreskan isi hatiku, Dengan tulisan kujadikan alat untuk perubahan yang lebih baik.~

0 komentar:

Poskan Komentar